Tuchel Ungkap Kunci Kesuksesan Dortmund Raih DFB Pokal

thomas tuchelThomas Tuchel merasa sangat gembira akan keberhasilan Borussia Dortmund menyegel trofi juara DFB-Pokal. Dia membeberkan faktor kesuksesan tersebut.

Dortmund meraih titel juara DFB-Pokal usai meraih kemenangan 2-1 ketika menghadapi Eintracht Frankfurt di Stadion Olimpiade Berlin, Minggu (28/5/2017) dinihari WIB. Gol Dortmund masing-masing dibuat oleh Ousmane Dembele dan Pierre-Emerick Aubameyang. Gol balasan Eintracht sendiri diceploskan Ante Rebic.

Titel juara DFB-Pokal itu jadi satu-satunya trofi yang didapat Dortmund pada musim ini. Di ajang Bundesliga, Die Borussen cuma mampu finis peringkat ketiga, sementara di Liga Champions mereka terdepak dari babak 8 besar.

Eks manajer Mainz 05 ini bersuka cita atas prestasi Dortmund itu. Bahkan dia mengklaim pertandingan final itu merupakan momen terbaik sepanjang kiprah kepelatihannya.

“Kami mengawali laga dengan visi yang jelas, dengan memperlihatkan kemampuan nyata kami, menciptakan banyak kans di awal pertandingan dan layak memenangi pertandingan,” kata Tuchel seperti dikutip situs resmi klub.

“Pemain-pemain lawan juga bermain fantastis dengan gagah berani dan percaya diri, serta bisa memberikan banyak masalah untuk kami. Mereka pantas membuat gol penyama.

“Selepas turun minum kami membuat permainan baru. Kami tampil impresif di babak kedua, kami layak memimpin kembali dan menciptakan gol lain,” tutur Tuchel.

Dirinya sekaligus membeberkan kunci hasil maksimal di DFB-Pokal dan posisi ketiga liga musim ini. Ia telah membangun kepercayaan dengan para anggotanya.

“Hari ini merupakan hari terbaik dalam karier kepelatihan saya. Saya pikir kesuksesan terasa spesial apabila ada hubungan baik antara pelatih dan para pemainnya. Kami bisa memenuhi target kami dan menandai musim ini sebagai musim yang spesial. Itu bisa terjadi apabila terjalin kepercayaan di antara kami,” jelas dia.

Leave a Reply