Sir Alex Memuji dan Mengkritik Klopp

sir-alex-ferguson1

Sir Alex Ferguson akui kalau dirinya terkesan dengan cara Juergen Klopp melatih para pemainnya. Namun di balik rasa terkesannya tersebut, Sir Alex pun melintarkan kritik kepada sang manajer Liverpool itu.

Mula-mula ialah kritik yang muncul dari Sir Alex itu ialah berhubungan dengan kekalahan Liverpool dengan skor 1-3 saat berhadapan dengan Sevilla di babak final Liga Europa musim kemarin. Bagi Sir Alex, Liverpool kalah dikarenakan kesalahan Klopp saat mengajarkan strategi.

Pria yang berasal dari Skotlandia yang sudah lama menjadi manajer Manchester United tersebut menganggap bahwa Klopp terlalu memaksakan tenaga dari para pemainnya pada babak pertama dan terlihat lewat keunggulan 1-0. Namun, keadaan fisik para pemain menurun pada babak kedua dan bahkan pada akhrinya harus menelan kekalahan.

“Liverpool sungguh kehilangan banyak tenaga pada babak kedua, mereka tak dapat mengambil alih bola sama sekali. Ada ruang besar di garis tengah. Saya tak pernah memaksa tim untuk selalu menekan selama musim,” ucap Sir Alex pada laporan teknik Final Liga Europa.

Walau begitu, Sir Alex tetap memberi pujian yang tinggi atas kualitas Klopp melatih  para pemainnya yang dinilai pantas dengan Liverpool sampai keduanya saling mengisi satu sama lain, paling utama kepada para pendukung.

“Ia bikin para fans mendukung dirinya sebaik mungkin sebab ia menunjukkan semangat yang besar dari pinggir lapangan, dengan kekuatan dan kepribadiannya saat ia melompat-lompat di pinggir lapangan hijau. Saya merasa penggabungannya saling mengisi satu sama lain,” lanjut Sir Alex.

“Saya terus merasa bermain di Anfield tersebut amat rumit sebab para penonton membuat situasi menjadi hebat yang membuat sejumlah tim, musuh, dan wasit pun merasa amat tertekan.”

“Nyatanya ialah ketika mereka ditinggal oleh Dortmund dengan skor 1-3 pada musim kemarin dan angka kedua yang diciptakan membuat para fans kembali antusias. Saya merasa hal tersebut yang menjadi inspirasi bagi tim. Seperti itulah Liverpool, mereka mendapat inspirasi dari para pendukungnya,” ujarnya.

Leave a Reply