Pelatih Timnas Italia Bandingkan Duo Gianluigi di Timnya

Giampiero Ventura yang saat ini menjadi pelatih timnas Italia, mengungkapkan pendapatnya tentang kiper muda dari AC Milan yaitu Gianluigi Donnarumma. Pasalnya sang pemain yang baru berusia 18 tahu pada bulan Februari lalu, mengingatkannya kepada kiper andalan Juventus saat muda yaitu Gianluigi Buffon.

Memang pemain bernomor punggung 99 tersebut telah berhasil dengan baik untuk bergabung menjadi tim andalan AC Milan sejak musim lalu. Dengan usianya yang masih sangat muda, Ia mampu menangkap dan menghalau bola bola yang menuju ke gawangnya selayaknya penjaga gawang yang sudah kawakan. Dan dengan aksinya tersebuttak lama kemudian juga berhasil mendapatkan panggilan untuk mejadi palang terakhir timnas Italia level senior.

Denga keahliannya saat ini Ia pun diprediksi menjadi kiper tangguh dimasa depan. Ia pun dipercaya akan mampu menjadi penerus salah satu penjaga gawang terbaik di dunia yaitu Buffon.

Memang sulit menandingi keperkasaan Buffon dibawah gawang. Tercatat bersama Juventus Ia mencatatkan kebobolan di timnya sebanyak 20 kali sedangkan Donnarumma harus kebobolan sebanyak 33 kali hingga saat ini di Serie A.

Namun hal tersebut bukanlah satu satunya penilaian banyaknya kebobolan pada sebuah tim. Hal lainnya seperti pertahanan di lini belakang juga turut ikut bagian dalam pernitungan ini. Semakin lemah bek mereka, maka kiper sehebat apapun juga akan sering kebobolan.

Sang pelatih timnas Italia yang juga pernah melatih berbagai klub di Italia, mengungkapkan pendapatnya tentang kedua pemain asal Italia tersebut. Ia mengatakan “Pada dasarnya Donnarumma mengingatkan saya saat Buffon di diawal karirnya di Italia dan takdirnya sangat jelas untuk dilihat. Buffon bermain untuk Italia bukan karena namanya adalah Buffon, tapi karena dia kiper terbaik di 20 tahun terakhir dan masih seperti itu hari ini, kiper yang kebobolan gol paling sedikit,” .

Ia pun menambahkan tentang perbedaan kedua penjaga gawang kebanggaan timnasnya, “Perbedaan yang mencolok untuk Donnarumma adalah bahwa saat Buffon masih muda, Ia tak memiliki Buffon lain di depannya dalam urutan, Ia tak memiliki saingan lainnya yang setara dengan kemampuannya”.

Saat ini Buffon bersama tim masih berada diperingkat pertama klasemen di Serie A untuk pekan ini sementara Donnarumma harus puas bersama timnya diposisi ketujuh terpaut 20 poin dengan Juventus.

Leave a Reply