Gagal Lolos Piala Dunia, Pelatih AS Mengundurkan Diri

bruce arenaTimnas Amerika Serikat tak mampu menembus putaran final Piala Dunia 2018. Sang nahkoda Bruce Arena yang merasa bertanggung jawab akhirnya mengundurkan diri.

Brunce belum genap satu tahun membesut AS. Dia sendiri baru ditunjuk November tahun lalu sebagai pengganti Juergen Klinsmann yang didepak usai kalah berturut-turut dari Meksiko dan Kosta Rika. Perlu diketahui jika ini merupakan periode kedua Bruce di AS usai sebelumya 1998-2006.

Akan tetapi Bruce tak berhasil membawa AS lolos ke Rusia tahun 2018 mendatang. Kekalahan 1-2 dari Trinidad dan Tobago pada kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF disertai kemenangan Panama dan Honduras membuat AS dipastikan tak bisa ikut serta di kompetisi paling akbar sejagat raya itu.

AS harus puas finis di posisi kelima klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF. Ini merupakan yang pertama kalinya AS absen di Piala Dunia sejak 1986. Bruce pun kemudian menanggalkan jabatannya pada Jumat (12/10/2017) waktu setempat.

“Saat saya mengambil tugas ini November 2016 lalu saya sadar ada tantangan besar yang menunggu di depan, mungkin lebih dari yang bisa diapresiasi sebagian besar pihak,” Bruce berkata dalam pernyataan di Federasi Sepakbola AS seperti dikutip Sky Sports.

“Semua pihak yang ikut terlibat [ada program ini memberikan semua kemampuan yang mereka miliki selama 11 bulan terakhir dan, pada akhirnya, kami gagal. Tak perlu beralasan lagi. Kami gagal menyelesaikan pekerjaan dan saya bertanggung jawab.”

Leave a Reply