Cech Bicara Soal Kegagalan Penalti Courtois

thibaut courtoisThibaut Courtois gagal menunaikan tugasnya sebagai algojo penalti ketika Chelsea kalah dari Arsenal di pentas Community Shield. Penjaga gawang Belgia itu sejatinya sering mengasah tendangan penalti dan pernah juga menjadi eksekutor.

Dipercaya maju mengeksekusi penalti kedua dalam adu tos-tosan di Community Shield, Courtois gagal memberi gol bagi The Blues. Usai berimbang 1-1 dalam 2×45 menit, pada akhirnya The Blues harus mengakui keunggulan Tim Gudang Peluru dengan skor 1-4.

Setelahnya muncul banyak tanda tanya atas langkah Antonio Conte menjadikan Courtois di dalam lima eksekutor pertama. Kendati bukan sebuah laga mayor, Conte dianggap melakukan perjudian atas keputusan yang telah dia ambil.

Ihwal Courtois, eks pemain Atletico Madrid itu sejatinya sudah terlatih menendang titik 12 pas. Petr Cech mengamini hal tersebut lantaran keduanya sering berlatih bersama mengeksekusi penalti ketika masih tampil bareng di Stamford Bridge.

Namun dikarenakan berjumpa Cech pada pertandingan di Wembley malam tadi, Courtois harus merubah kebiasannya dalam mengeksekusi penalti agar tendangannya tak terbaca oleh eks rekan setimnya itu. Perubahan itulah yang kemudian menjadi masalah.

“Arah itu bukan yang biasa ia tuju ketika menendang (penalti), maka karena itu bisa jadi ia gagal melakukannya. Karena biasanya dia mengarahkan bola ke sudut atas sisi gawang lain, saya pun melompat ke posisi itu,” ucap Cech usai pertandingan.

Semenjak mengenakan jersey biru-biru tahun 2011, Courtois sudah pernah mengeksekusi penalti. Pada partai pramusim 2015 lalu ia juga menjadi eksekutor dalam partai versus Paris Saint Germain.

Leave a Reply