Arsenal Tetap Andalkan Formasi 3-4-3

arsene wengerSkema 3-4-3 yang diterapkan pada akhir musim kemarin berjalan mulus untuk Arsenal. Oleh karena itu The Gunners bakal tetap menggunakannya untuk kompetisi musim depan.

Tim Gudang Peluru sempat melewati momen-momen buruk pasca tahun 2016 yang ditandai dengan terdepaknya dari fase 16 besar Liga Champions. Bertemu Bayern Munich, mereka kalah telak skor agregat 2-10 setelah usai dilumat skor 1-5 di masing-masing pertemuan.

Kekalahan tersebut kemudian membuat Arsenal beserta Wenger mendapat kritik tajam. Akan tetapi kekalahan tersebut juga menjadi momen Wenger dalam membenahi skuatnya saat memasuki bulan April. Ia bertaruh menerapkan formasi 3-4-3 yang belum pernah dia andalkan sebelumnya.

Walau awalnya diragukan, Tim Gudang Peluru berhasil menebusnya melalui penampilan oke di atas lapangan saat membukukan sembilan kemenangan dari 10 partai terakhir di berbagai kompetisi. Mesut Ozil dan kolega memang gagal finis empat besar namun paling tidak mereka sukses meraih trofi Piala FA setelah menundukkan Chelsea.

Formasi ini kemudian akan diterapkan Wenger musim depan selama penampilan anak asuhnya tak anjlok. Pasalnya, Wenger belum menutup peluang mengutak-atik skemanya sepanjang musim 2017/2018.

“Kami bakal mencoba beberapa sistem baru,” ujar Wenger terkait formasi yang dipakainya musim depan.

“Pada saat ini, di sesi pramusim, kami mau melanjutkan apa yang telah kami lakukan dalam sepertiga musim lalu,” sambungnya seperti dikutip Soccernet.

“Di beberapa laga, kami akan tampil dengan empat bek dan kadang-kadang tiga, namun pada awal kompetisi kami tetap memakai formasi dengan tiga bek,” tutup Weger.

Dalam skema itu, posisi kiri lapangan mungkin diisi oleh rekrutan anyar Sead Kolasinac dengan Hector Bellerin atau Alex Oxlade-Chamberlain sebagai sayap kanan.

Pos bek tengah tentu saja ditempati trio Laurent Koscielny, Gabriel Paulista, dan Shkodran Mustafi berada.

Leave a Reply